Proses Belajar dan Faktor Penghambat Belajar Siswa

faktor penghambat belajar siswa

faktor penghambat belajar siswa

Proses Belajar dan Faktor Penghambat Belajar Siswa – Proses pembelajaran yaitu susatu proses interaksi antara guru dan siswa. Pembelajaran merupakan suatu proses untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan. Dimana setiap pelajaran diperoleh sejumlah informasi, ada informasi yang menambah pengetahuan yang sudah dimiliki, ada yang memperdalam informasi dan ada juga informasi yang bertentangan dengan apa yang sudah diketahui sebelumnya. Dalam proses belajar diperlukan  alat peraga sebagai bentuk bantuan untuk mentransfer ilmu kepada siswa. Materi yang akan disampaikan kepada siswa harus disampaikan dengan berbagai metode pengajaran agar menarik minat belajar siswa  . Suatu proses belajar yaitu dari yang tidak bisa menjadi bisa, ini merupakan tantangan tersendiri bagi guru untuk berusaha membuat anak didiknya mengerti dengan apa yang telah disampaikan oleh guru. Namun ada beberapa faktor yang dapat menghambat siswa dalam belajar.

Apa saja faktor penghambat belajar pada siswa?

  1. Hambatan Internal (dari dalam)

a. Kesehatan Menurun

Faktor kesehatan sangat penting terhadap hasil belajar siswa, kesehatan yang terganggu menyebabkan siswa tertinggal pelajarannya. Orang tua harus memperhatikan asupan gizi anak-anaknya agar anak tidak mudah sakit.

b. Kondisi Psikologis Ketika Belajar

Kesiapan siswa dalam belajar sangat mempengaruhi proses belajar. Ketika belajar kondisikan siswa dalam keadaan rileks dan siap untuk menerima pelajaran.  Jika siswa siap menerima pelajaran maka hasil belajar akan maksimal namun sebaliknya jika siswa tidak siap menerima materi maka tidak akan ada hasil setelah proses belajar berlangsung.

c. Kejenuhan Belajar

Siswa yang jenuh dalam belajar akan sulit memahami suatu materi, hal ini biasanya disebabkan karena gaya mengajar guru yang monoton hanya terpaku pada buku pelajaran. Metode pembelajaran haruslah beragam, usahakan  menggunakan media dan alat peraga pada saat mengajar. Siswa akan senang dan tidak mudah bosan ketika guru menggunakan banyak variasi dalam mengajar.

d. Kurang Perhatian

Ada beberapa siswa yang sangat kurang perhatian, baik di rumah maupun di sekolah. Orang tua sibuk bekerja dan kurang mengawasi anaknya di rumah akibatnya jam belajar anak pun tidak teratur. Di sekolah, guru tidak hanya mengawasi satu anak sehingga anak kurang perhatian baik di rumah maupun di sekolah. Perhatian yang kurang memadai akan berdampak kurang baik terhadap hasil belajar anak.

e. Tingkat Intelektualitas/Kecerdasan

Tingkat kecerdasaan setiap orang pastinya berbeda-beda. Siswa dengan kecerdasan yang kurang akan tertinggal dengan teman-temannya. Kecerdasan sangat mempengaruhi cepat lambatnya kemajuan belajar siswa.

              2. Hambatan Eksternal Belajar (dari luar)

a. Faktor Keluarga

Orang tua yang mendidik anaknya dengan cara yang kurang baik, teladan yang kurang baik maka akan berdampak pada proses belajar anak.

b. Faktor Sekolah

Metode pembelajaran yang tidak disesuaikan dengan siswa, misalnya metode yang kurang variatif dan membosankan akan mengganggu siswa mencapai prestasi yang baik.

c. Bahan Materi Yang Tidak Memadai

Proses belajar akan terhambat apabila terjadi ketiadaan materi. Ketika akan mempelajari suatu materi maka sumber dari materi tersebut harus tersedia.

d. Faktor Aktivitas Organisasi

Terlalu aktif berorganisasi juga dapat membawa dampak buruk terhadap siswa apabila siswa tersebut tidak dapat mengimbangi proses belajar di kelas. Prestasi belajar siswa akan menurun jika lebih mementingkan berorganisasi.

e. Faktor Ekonomi

Banyak siswa pintar yang memiliki semangat dalam belajar namun kurang beruntung dalam keadaan ekonomi, mereka kesulitan mencari biaya untuk sekolah.

Sekolah yang baik untuk anak adalah sekolah yang dapat mengerti keadaan siswa. Guru akan sangat terbuka kepada siswa, dapat menampung aspirasi siswa dan memahami kemampuan siswa. Di Alma’soem Islamic Boarding School seluruh guru selalu siaga selama 24 jam, siswa dapat bertanya kapan pun ia mau. Pelajaran tambahan dilakukan untuk siswa yang ingin belajar di luar jam sekolah. Sekolah ini sangat direkomendasikan untuk para orang tua yang ingin anaknya memiliki pendidikan agama dan umum yang baik.

untuk info lebih lanjut klik website : http://almasoem.sch.id/

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s